pengertian dan ciri ciri kain wol

Wool merupakan serat yang diambil dari bulu domba dan hewan tertentu lainnya, sifat dari bulu domba ini sangat unik sehingga cocok digunakan untuk bahan produksi tekstil. Pemanfaatan rambut domba sebagai bahan tekstil bermula pada sekitar tahun 8000 SM dimana ketika domba pertama kali dijinakan. Wol sendiri bisa digunakan  berbagai tekstil dan bisa digunakan pada tenun maupun rajut. Sedangkan kain wool adalah kain yang terbuat dari wool yang sudah diolah secara khusus dan dalam pembuatan ke proses kain bisa dengan metode penenunan maupun perajutan.

jual kain wol pasarlasem
Baju kain wool
Wool terbentuk oleh serat protein, yang terdiri dari lebih dari 20 asam amino. Asam amino ini membentuk polimer protein. Wol juga mengandung sejumlah kecil lemak, kalsium dan sodium.   Karena terbuat daru serat protein wool memiliki beberapa

keunggulan dan kelebihan kain wol antara lain sebagai berikut:

  •     Wool memiliki sifat tahan terhadap api
  •     Wool sangat awet atau tahan lama
  •     Wool mampu meregangkan hingga 50% ketika basah dan 30% saat kering
  •     Wool memiliki sifat wicking kelembaban yang sangat baik

Proses Pembuatan Wool

Proses pembuatan wool diawali dengan pencukuran bulu domba, pencukuran ini dilakukan setiap setahun sekali. Setelah dilakukan pencukuran wool dicuci untuk menghilangkan kotoran. Wool yang sudah dibersihkan bisa langsung diberi perwarna, sebelum dilakukan proses carding dilakukan serangkaian rol baru diproses carding. Step selanjutnya adalah dilakukan proses roving. Untuk benang tenun benang wool dibuat sangat halus sedangkan untuk benang wool rajut lebih tebal.

proses pembuatan kain wool
proses kain wol

Perawatan Pakaian Dari Bahan Wool

Untuk merawat pakaian berbahan wool tidak terlalu sulit, yang perlu diperhaikan dalam perawatan antaralain antaralain ketika proses pencucian, Penyetrikaaan dan penyimpanan.

Cara mencuci pakaian wool

Untuk pencucian bisa menggunakan cuci tangan maupun dengan mesin. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mengeringkan wool dengan mesin dryer. Jika mencuci dengan tangan jangan memeras pakaian secara kasar lakukan perlahan dan keringkan di tempat yang mendatar (jangan digantung di    hanger karena air yang turun akan mengubah bentuk baju). Jemur dengan posisi bahan dalam mengarah keluar (terbalik) dan menghadap sinar matahari supaya cepat kering.

 Cara Penyetrikaaan pakaian wool

Pastikan dalam menyetlika pada setlika diseting khusus untuk wool. Jika ada detail seperti pleats, lapisi baju dengan menggunakan sapu tangan untuk menghindari baju menjadi mengkilat. Atau balik baju dengan bagian dalam mengarah keluar.

 Cara Penyimpanan pakaian wool

Untuk penyimpanan pakain dari bahan wool disimpan pada tempat yang kering.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "pengertian dan ciri ciri kain wol"

Post a Comment