Kain Batik Katun Prima

Kain Batik tidaklah sama dengan kain untuk membuat kaos oblong. Dalam membuat batik, tidak semua kain bisa digunakan dalam membuat batik. Hanya kain-kain tertentu yang cocok digunakan untuk membuat batik.
kain batik katun prima
Kain Batik Katun Prima

Harga batik dipasaran itu sangat beragam. Jika Anda mencari kualitas, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang kain batik yang biasa ada di pasaran. Apakah batik tersebut terbuat dari kain  sutera, kain katun prima, kain primisima, kain polisima, kain dobi, kain paris, atau kain shantung. Jenis-jenis kain batik tersebut berbeda-beda tekstur maupun bahan dasarnya. Berikut ini kita akan mejelaskan kain katun prima.

Apa Itu Kain Katun Prima ?

Kain batik  ini adalah kain yang umum digunakan untuk membuat batik. Kain katun ada beberapa tingkatan.

Kain katun primisima lebih bagus dari katun prima, dan kain polisima paling bagus diantara keduanya. Masing-masing katun tersebut ada beberapa tingkatan. Ada yang kasar dan tipis, lebih halus dan tebal dan paling tebal serta halus. Semua tergantung dari campuran serat kapas yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut.

Berikut perbedaan lebih detailnya :

1. Bahan Prima 70/60

Bahan kain batik ini biasanya digunakan untuk membuat seragam batik yang lebih menitik beratkan pada harga yang ekonomis. Namun demikian tidak berarti batik yang menggunakan bahan ini jelek. Dengan proses yang baik akan menghasilkan yang baik juga namun memang dari segi bahan tidak bisa dipungkiri terlihat tipis dan bahannya tidak rapat karena benang yang dipintalkan tidak banyak.

2. Bahan Prima Super / Prima Mercerized ( Baca masres )

Bahan ini paling banyak digunakan untuk pembuatan seragam sekolah, selain harga yang relatif masih murah, bahan ini juga kelihatan lebih tebal dibanding bahan prima biasa karena memang pintalan benangnya lebih banyak dan halus karena sudah melalui proses Mercerized (pembakaran bulu pada bahan).

3. Bahan Prima Mercerize Sanforized

Bahan ini kelihatan lebih halus dan lebih tebal dibanding bahan prima mercerized yang mana sebenarnya konstruksi keduanya sama namun yang membedakannya selain menggunakan benang katun yang lebih kecil yang menjadikan bahan ini tingkat kerapatannya tinggi, bahan ini juga telah melalui proses Sanforized yaitu proses dimana kain sudah dimatangkan (tidak menyusut) dalam proses produksinya.

Sumber : kaskus

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kain Batik Katun Prima"

Post a Comment